Mengubah Mindset Anti Plastik dengan Pengelolaan Sampah Kawasan

Mengubah Mindset Anti Plastik dengan Pengelolaan Sampah Kawasan

Dalam regulasi Indonesia sampah hanya dibedakan menjadi 3 jenis. Sampah rumah tangga, sampah sejenis rumah tangga dan sampah spesifik.

Tidak satu pun regulasi Indonesia menyebutkan secara spesifik sampah plastik. Namun, kampanye dunia dan para pegiat lingkungan mengarah pada pelarangan dan antiplastik.

Padahal, plastik merupakan kebutuhan peradaban yang tidak mungkin dihindari dan dihentikan. Berbagai dampak terjadi karena kampanye dan upaya pelarangan plastik.

Orang yang paling terdampak pelarangan adalah mereka yang hidup di industri dari hulu hingga hilir dan daur ulang.

Namun, para pegiat dan lainnya tidak mengetahui karena mereka tidak pernah pernah explore. Mereka hanya meneriakkan larangan dan antiplastik di permukaan saja.Pelarangan dan anti plastik sudah tidak relevan dengan kondisi sekarang. Terlebih saat Covid19 datang. Orang makin banyak menggunakan plastik untuk “menghukum” mereka yang melarang dan antiplastik.

Maka sesungguhnya yang relevan saat ini adalah pengelolaan sampah kawasan. Jika saat ini sudah ada upaya itu dan masih banyak sampah, maka kita harus meningkatkan pengelolaan sampah kawasan hingga level industri.

Level industri pengelolaan sampah akan terwujud jika tercipta sistem yang benar. Dari paling bawah hingga kembali ke industri dan sampah menjadi bahan baku daur ulang dan barang baru. Tidak ada yang terbuang.

Konsep inilah yang disebut sebagai sirkular ekonomi. Yang merupakan ruh dan semangat dari regulasi pengelolaa sampah Indonesia.Untuk itu kita harus mengubah minset kita dari upaya pelarangan menjadi upaya pengelolaan. Meningkatkan level upaya kita dalam isu persampahan dengan menciptakan atau masuk dalam sistem pengelolaan sampah yang berkesinambungan.

Jika sampah mampu ditangkap di kawasan dan dikelola. Maka tidak akan ada sampah jatuh ke sungai sampai di laut dan sebagainya.

Sebaliknya, sampah justru akan menjadi material daur ulang yang tinggi nilainya. Untuk kembali menjadi produk yang sudah terbarukan. (nra)

Join the discussion

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .

Tentang Nara

Nara Ahirullah

Saya tidak pandai bercerita, tapi suka menulis.

Instagram

Instagram has returned empty data. Please authorize your Instagram account in the plugin settings .